Pesona Kawasan Wisata Curug Layung Lembang

Wisata Curug Layung Lembang adalah salah satu jenis Curug yang terdapat di aliran sungai Cimahi. Curug yang mempunyai kolam alami yang terbilang luas tersebut memang tak mempunyai ketinggian aliran yang tak terlalu tinggi.

Pada umumnya, semua pengunjung wisata yang datang kesana menjadikan kawasan wisata ini sebagai lokasi untuk berenang meski kolamnya memiliki sumber air yang bersuhu cukup dingin karena bersumber dari Situ Lembang. Yang mana jika Anda perhatikan dengan seksama maka Curug ini memiliki lokasi yang paling hulu daripada Curug lainnya yang masih berada di aliran yang sama.

Kisah Asal Muasal Curug Layung

Jika Kita membahas mengenai asal muasal Curug Layung, maka secara umum tak ada yang bisa dibahas secara khusus melainkan tentang bentang alam yang terproses secara alami. Bahwa Curug Layung ini adalah salah satu Curug yang berada di satu aliran sungai Cimahi sekaligus mempunyai lokasi yang paling hulu dibandingkan lokasi Curug lainnya.

Selain itu, ada beberapa kisah mistis dan misteri yang dimiliki oleh Curug Layung ini yang menjadi pokok cerita utama bagi warga masyarakat Lembang dan juga semua pengunjung wisata yang datang ke Curug ini. Adapun mengenai benar atau tidaknya, itu tergantung dari pendapat dan sudut pandang yang dimiliki oleh pengunjung wisata yang datang berkunjung ke wisata Curug ini.

Diketahui sebuah fakta bahwa Curug ini sebelumnya pernah ditutup untuk kalangan pengunjung wisata umum. Hal itu terjadi pada saat wilayah Curug masih menjadi kawasan untuk latihan Kopassus yang berlokasi di kaki Gunung Burangrang. Namun kemudian dibuka kembali untuk kalangan pengunjung wisata secara umum pada tahun 2012 yang lalu.

Jika Anda berencana untuk berkunjung ke Curug ini, penting untuk mengetahui bahwa untuk bisa menikmati kesegaran air Curug dan pemandangan yang ada di sekitarnya, semua pengunjung wisata harus menempuh jarak tertentu dengan berjalan kaki sepanjang 500 meter dari lokasi pos penjualan tiket masuk Curug. Maka rasanya sangat tepat jika wisata Curug ini dikunjungi oleh Anda yang mempunyai hobi untuk hiking atau berjalan-jalan. Dan pada saat Anda berkunjung ke Curug ini, maka Anda pun berkesempatan untuk menikmati pesona aneka ragam wisata alam yang ada di sekitar Bandung yang terkenal serta memiliki pemandangan yang tak kalah menariknya.

Harga Tiket Masuk Wisata Curug Layung Lembang

Semua pengunjung wisata yang akan masuk ke kawasan wisata Curug Layung akan dikenakan biaya tiket masuk dengan ketentuan sebagai berikut.

– Untuk tiket masuk dikenakan biaya Rp. 6.000,- untuk setiap orang pengunjung wisata

– Untuk setiap pengunjung yang akan melakukan kegiatan kemping atau berkemah maka dikenakan biaya Rp. 10.000,- per pengunjung wisata

Dan khusus untuk pengunjung wisata yang melakukan perjalanan ke Curug dengan menggunakan kendaraan pribadi, maka akan dikenakan biaya untuk parkir sekitar Rp. 5.000,- untuk parkir kendaraan roda dua, dan Rp. 10.000,- untuk kendaraan roda empat.

Jam Operasional Wisata Curug Layung Lembang

Sedangkan untuk jam buka kawasan wisata Curug Layung Lembang ini memang tak terbatas waktu. Kawasan wisata Curug Layung ini dibuka untuk pengunjung dalam kurun waktu selama 24 jam penuh. Meski begitu, setiap pengunjung tentu harus lebih memperhatikan faktor keamanan dan keselamatan pengunjung terutama yang datang berkunjung ke Curug di malam hari.

Semua pengunjung wisata harus bisa mengamati dengan baik kondisi yang dimiliki oleh tubuh mereka sendiri sekaligus kondisi cuaca yang ada di sekitar Curug apakah mendukung kegiatan berlibur Anda atau tidak. Seperti misalnya dengan memperhatikan suhu air Curug, jika ternyata suhu airnya cukup dingin maka akan sangat dibutuhkan penghangat tubuh yang akan mengantisipasi terjadinya masuk angin pada tubuh Anda.

Alamat Lengkap Lokasi Curug Layung

Lokasi wisata Curug Layung ini berada Cisarua, Lembang, Desa Kertawangi, kecamatan Cisarua Kabupaten Bandung Barat.

Anda akan menemukan sekitar 2 rute perjalanan untuk mencapai lokasi Curug yang bisa dengan mudah diakses dan ditemukan oleh pengunjung wisata. Untuk rute yang pertama yaitu mengambil rute Cihanjuang yang kemudian akan diteruskan dengan memilih arah belok ke kiri yang menuju ke arah Curug Cimahi. Sedangkan untuk rute perjalanan yang kedua adalah dengan menggunakan rute jalan Cisarua dengan melalui SPN Cisarua dan RSJ Cisarua Jawa Barat. Dengan Dusun Bambu Lembang yang bisa menjadi patokan Anda agar supaya tidak salah arah atau tersesat saat menuju ke sana.

Apabila Anda sudah berada di Dusun Bambu Lembang, maka itu menunjukkan Anda sudah dekat dengan lokasi Curug. Hanya sekitar 300 meter dari Dusun itu, Anda bisa menemukan lokasi Curug Layung Lembang tersebut.

Fasilitas Publik yang Tersedia di Curug Layung Lembang

Kawasan wisata Curug Layung ini memiliki fasilitas yang bisa digunakan oleh semua pengunjung wisata untuk menikmati liburan wisata mereka di Lembang Bandung. Apa saja?

  1. Area berkemah

Sangat tepat untuk Anda yang menyukai kegiatan berkemah, area khusus untuk berkemah ini berlokasi tepatnya di bagian dalam yang mana terlebih dahulu melalui hutan Pinus sangat ingin mencapainya. Anda akan mendapati setiap area berkemah memiliki nama tersendiri. Area yang paling populer dan favorit dari area berkemah yang ada di Curug Layung ini adalah area sebelum Curug Layung yang memiliki lokasi berupa tanah lapang yang terlihat luas untuk ditempati.

  1. Spot berfoto

Semua pengunjung wisata pastinya ingin memiliki koleksi foto menarik yang bisa dijadikan kenang-kenangan saat berkunjung ke salah satu kawasan wisata. Begitu juga dengan yang disediakan oleh pengelola wisata Curug Layung ini. Anda akan mendapatkan spot untuk berfoto yang menarik yang berada tak jauh dari lokasi pintu masuk Curug Layung.

Anda bisa mendapatkannya dengan berjalan sedikit dengan rute yang cukup menanjak, yang mana akan ada spot untuk berfoto yang didesain secara khusus sehingga terlihat cukup memiliki daya tarik untuk menjadi background sebuah foto wisata.

Salah satunya adalah spot berfoto yang menyajikan background berupa sebuah rumah pohon dengan pemandangan alam yang sangat indah dan terlihat eksotis karena didesain sangat alami.

  1. Fasilitas publik

Pihak pengelola wisata Curug Layung Lembang menyediakan fasilitas publik yang bisa digunakan oleh semua pengunjung wisata seperti misalnya fasilitas untuk tempat parkir yang memadai, mushola, toilet, warung makanan dan warung kopi yang banyak terdapat di sekitar Curug.

Tak jauh dari lokasi pintu masuk, Anda juga akan mendapatkan banyak sekali kios atau warung yang memiliki sajian makanan berupa mie instan rebus atau seblak yang tentunya cocok untuk dinikmati di tengah hawa dingin Curug Layung.

Sedangkan untuk perbekalan, semua pengunjung wisata diharapkan bisa membawa sendiri perlengkapan pribadi seperti misalnya baju hangat serta baju ganti kering terutama jika selama berwisata di Curug Layung tersebut Anda memiliki rencana untuk berenang disana.

Anda juga bisa membawa serta persediaan makanan dan minuman sesuai kebutuhan serta usahakan untuk menggunakan sepatu yang nyaman untuk dipakai hiking di area Curug Layung. Disarankan juga untuk membawa jenis obat yang bisa Anda konsumsi untuk antisipasi jika sewaktu-waktu Anda membutuhkannya.

Itulah beberapa informasi mengenai kawasan wisata Curug Layung Lembang yang berlokasi di Lembang Bandung. Selamat berlibur.

Leave a Reply

Your email address will not be published.